Discount 25% selama pemesanan bulan MEI 2018 - WA 0818.337.629

January 3, 2018

by

In: Foto Baby

Comments Off on Baby Led Weaning, Metode MPASI masa kini!

Setiap orang tua, terutama para ibu tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk bayinya. Para ibu akan senantiasa memperhatikan gizi yang di konsumsi oleh bayinya dan tidak akan sembarangan dalam memberi makanan untuk bayinya. Beberapa waktu lalu beredar metode baby led weaning yang menjadi pro dan kontra sebagai metode MPASI masa kini untuk setiap bayi yang berusia 5 bulan ke atas. Seperti apa baby led weaning itu? Berikut ulasannya.

Baby led wening adalah salah satu cara memperkenalkan makanan ke bayi dengan membiarkan bayi menyuapi dirinya sendiri. Baby-led weaning mendorong bayi Anda untuk memakan makanan yang dia inginkan dan dengan jumlah yang mereka inginkan pula, bukan yang ibu inginkan. Dengan begitu, bayi Anda dapat mengeksplor makanan dan mengetahui apa yang dirinya inginkan. Berikan bayi berbagai jenis makanan supaya bayi mengenal berbagai jenis makanan.

Waktu yang tepat untuk memulai metode baby-led weaning untuk bayi Anda adalah usia 6 bulan. Mengapa usia 6 bulan? Karena pada usia tersebut lidah bayi Anda sudah lebih baik, sudah bisa mengunyah dan mengeluarkan makanan, serta usus mereka sudah lebih siap untuk mencerna makanan. Selain itu, aktivitas bayi pada usia tersebut sudah lebih aktif. Ia sudah bisa duduk sendiri dan memegang makanannya sendiri. baby blues syndrome Tetapi usia bukanlah patokan untuk Anda dapat memberikan metode baby-led weaning untuk bayi Anda. Anda harus bisa menyesuaikannya dengan keadaan bayi. Ada beberapa bayi yang pada usia tersebut mungkin belum bisa di terapkan metode tersebut. Tentunya Anda sebagai ibu harus bersabar dan mensiasatinya dengan cara lain.

Untuk mulai memperkenalkan metode baby-led weaning kepada bayi Anda adalah dengan memulai dari makanan yang bertekstur lembut. Karena gigi bayi Anda belum semuanya tumbuh. Anda bisa memotong makanannya dengan potongan yang kecil-kecil untuk memudahkan bayi Anda dalam memnggenggam makanannya. Berikan bayi kelompok makanan yang berbeda-beda setiap harinya supaya gizi bayi Anda terpenuhi. Selain itu juga, bayi bisa merasakan berbagai rasa dari makanannya. Jangan berikan tambahan garam atau gula pada makanannya. Bairkan bayi Anda merasakan rasa alami dari makanannya. Makanan yang bisa di konsumsi oleh bayi untuk metode baby-led weaning ini adalah:

  1. Kelompok karbohidrat, seperti kentang, pasta, roti, atau nasi yang lunak
  2. Kelompok lemak, seperti alpukat
  3. Kelompok protein, seperti ayam atau daging rebus yang lunak, telur, ikan yang sudah tidak ada durinya
  4. Kelompok buah-buahan dan sayuran, seperti pisang, pepaya, brokoli, wortel yang sudah dikukus sehingga menjadi lunak
  5. Kelompok produk susu, seperti keju dan yogurt

Jangan berikan makanan yang bisa membuat bayi tersedak. Seperti apel dengan kulitnya. Karena hal itu akan membahayakan bayi Anda. foto baby Damping selalu bayi Anda saat sedang menjalankan metode baby-led weaningnya. Biarkan bayi mengexplore apa yang dimakan dan apa yang berada dalam genggamannya tentunya dalam pengawasan Anda.

Tags: , , ,