Discount 25% selama pemesanan bulan SEPTEMBER 2018 - WA 0812.1832.9703

August 13, 2018

by

In: Foto Wedding

No comments

Menikah merupakan babak kehidupan baru bagi pasangan yang baru saja menikah. Pilihan yang dilandaskan dengan keyakinan serta cinta untuk memilih pasangan sebagai teman hidup selamanya adalah bukti adanya jalinan kasih dan komitmen yang kuat.

Semua pasti tahu, bahwa menikah juga bukanlah perkara yang mudah. Sebelum sampai di hari bahagia, berbagai persiapan pernikahan harus segera disiapkan. Faktor mental dan kekuatan fisik juga harus dalam keadaan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat proses pengesahan pernikahan berlangsung.

wedding plan

Hal utama yang menjadi kendala bagi setiap pasangan yang akan menikah adalah soal keadaan finansial. Bila berbicara soal keuangan memang sedikit sensitif, namun karena acara pernikahan melibatkan kedua belah pihak lak-laki dan perempuan, tentu saja hal ini harus dibicarakan secara terbuka oleh pihak kedua keluarga mengenai persiapan apa saja yang harus ada nantinya.

Untuk menghindari adanya kesalahpahaman ataupun kekurangan dana pernikahan nantinya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

1. Persiapkan Tabungan Pernikahan Beberapa Tahun Sebelumnya

Bila ingin menikah, ada baiknya Anda tidak terlalu terburu-buru melakukannya apabila dari segi finansial dan kesiapan mental belum sepenuhnya yakin. Buatlah planning beberapa tahun ke depan saat Anda ingin menikahi pasangan Anda. Cara ini juga membantu Anda untuk mempersiapkan tabungan untuk masuk ke jenjang pernikahan dan menghidupi keluarga baru Anda.

Anda dan pasangan bisa membuka tabungan bersama untuk saling berjuang mencapai pintu pelaminan dengan usaha, komitmen dan kerja keras dari Anda berdua. Hal ini juga akan memberikan motivasi untuk mengumpulkan pundi-pundi modal menikah yang semakin banyak.

Memang ada banyak sekali kebutuhan dan keinginan yang ingin Anda dapatkan, tapi ingatlah bahwa Anda telah menetapkan tujuan untuk mengumpulkan biaya pernikahan bersama. Jadi, hiduplah dengan sehemat mungkin dan jangan terlalu berfoya-foya membeli apa yang tidak terlalu penting. Fokuslah pada apa yang Anda butuhkan saja.

2. Susun Perencanaan Secara Detail

Setelah semua anggaran siap, pihak keluarga Anda dan pihak keluarga pasangan mulai bisa menyusun perencanaan mengenai acara pernikahan yang akan diadakan pada tahun yang telah disepakati sebelumnya seperti, penentuan tanggal, busana pengantin, lokasi gedung, souvenir, konsep acara, katering, pemilihan fotografer pernikahan, jumlah tamu yang diundang, foto prewedding, dll.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa menikah membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karena itu, pangkaslah pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting pada list anggaran yang dibuat. Dengan begitu, tabungan Anda bisa digunakan dengan efektif. Jangan sampai Anda melewatkan tahap ini, jika Anda mengabaikannya kemungkinan besar kantong Anda akan bolong besar karena tidak mencatat pengeluaran ataupun hal-hal apa saja yang harus/telah dibeli.

Kalau Anda ingin lebih hemat lagi, Anda bisa mencari beberapa paket pernikahan yang sudah all-in-one ataupun paket biaya yang sudah mencakup semua sehingga akan memudahkan Anda untuk menghemat anggaran dan bisa fokus pada hal-hal penting lainnya.

Baca juga: Konsep dan Tema Prewedding photo

3. Lakukan Komunikasi yang Terbuka

Menjelang acara pernikahan pastinya ada sedikit hambatan dan masalah-masalah kecil yang bisa menyulit pertengkaran. Oleh karena itu, menjalin komunikasi yang baik dan terbuka dengan pasangan serta pihak keluarga dari Anda dan calon mempelai adalah hal yang harus dilakukan.

Baiknya bila ada masalah apapun dibicarakan bersama dan dicari jalan keluarnya bersama-sama juga, sehingga Anda tidak akan terjepit dalam kondisi yang menyudutkan bahkan membuat diri Anda merasa stres berkepanjangan yang justru bisa mempengaruhi keadaan Anda di saat hari bahagia itu tiba.

Leave a Reply

close
Facebook IconYouTube IconTwitter Icon